(: Bukan orang lain yang menentukan hidup kita, tapi kita sendiri yang menentukan hidup kita sendiri.. Tentukan pilihan terbaik untuk hidupmu yang sesuai dengan Dien Al-Islam.. :)

Kamis, 03 Januari 2013

Bersalaman ~ Shake hands


"Eh, ukhti Anisa?"
"Ukhti Maryam?"
Mereka mendekat, lalu berpelukan dan berjabat tangan sambil saling mengucap salam.


Peristiwa tersebut pasti sudah sering dialami oleh sobat-sobat sekalian. Ya, tak dapat dipungkiri bahwa setiap orang pernah mengalami hal tersebut. Kebanyakan orang termasuk sobat jika bertemu dengan orang lain pasti berjabat tangan. Mengapa kata 'berjabat tangan' saya tebalkan di posting ini? Yaa, karena sesuai dengan judulnya dongsss (Ah, garing deh ah -_-) tentunya juga karena akan dibahas pada posting edisi kali iniiii, yeeeey!! (HeRi ._.) Nah langsung saja, capcussss!


Bersalaman disunnahkan dalam agama kita, agama Islam. Yap, ternyata ada hikmahnya loh dibalik bersalaman ini. Seperti disebutkan dalam hadits yang artinya sebagai berikut.....
Telah diriwayatkan bahwasannya Rasulullah SAW bersabda : "Tidaklah dua orang muslim bertemu lalu keduanya bersalaman, melainkan gugurlah dosa-dosanya, seperti gugurnya daun-daun dari pepohonan."
Wow banget kan sobat! Saking pemurah-Nya Allah, Rabb kita, kita cuman bersalaman aja udah nggugurin dosa kita. Sungguh benar-benar kita harus bersyukur dan proud pada diri kita sendiri karena udah jadi muslim, atas hidayah dari Allah lagi, ya nggak???

Eitss, tapi tiba-tiba ada sesuatu yang mengusik pikiran nih. Menurut sobat, boleh nggak kita salaman seusai shalat fardhu? Boleh nggak? Daripada bingung, baca nih fatwa ulama dibawah ini.....
Syaikh bin Baaz berkata : "Adapun yang dilakukan kebanyakan yang cepat-cepat berjabat tangan (bersalaman) seusai salam dalam shalat fardhu (sebelum ia berdzikir sesudah shalat fardhu), maka saya melihat hal itu tidak ada dasar (contohnya) dari Nabi SAW dan juga dari para sahabat. Bahkan yang lebih tegas bahwa hal tersebut adalah tercela karena tidak ada dalilnya, sebab yang disyari'atkan bagi yang selesai shalat fardhu adalah bersegera berdzikir (bukan segera salaman) sesuai yang disyari'atkan oleh Nabi SAW ketika beliau selesai dari shalat fardhu."
Nah sobat, hati-hati, ya. Bagi yang sering melakukan seperti itu, jangan dilakukan lagi. Kalau misal ada temen, guru, mamah, papah, kakak, adek, om-om atau yang lain ngajak salaman, terima dulu salamannya trus dikasi tau kalau ini bid'ah. Kan ganggu kalau misalnya kita lagi serius-seriusnya dzikir tuh trus tiba-tiba ada yang colek-colek pundak ngajak salaman? Buyar deh dzikirnya. -_- Nah, from now, budayakan dzikir dulu ya sobat. Abis dzikir boleh kok salaman ^.^

Bersalaman juga ada sunnahnya sobat. Selain itu terdapat juga larangannya. Berikut uraiannyaa, cekidot!
  • Disunnahkan kaum muslimin salaman ketika bertemu dan mengucapkan selamat, serta berpelukan ketika lama tak berjumpa karena bepergian.
  • Berjabat tangan disunnahkan sebelum/sesudah shalat sunnah.
  • Berjabat tangan cukup sekali ketika sebelum shalat sunnah atau sesudahnya.
  • Langsung berjabat tangan, ketika selesai salam dalam shalat fardhu dicela dan dilarang (bid'ah) karena tidak ada contoh dari Nabi SAW.


Nah, itu tuh ilmu sedikit yang bisa saya sampaikan pada posting kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian serta bagi saya tentunya. Jika ada kesempatan, insyaAllah saya post.kan posting yang lain yang lebih bermanfaat lagi. See you next time! Syukron katsiiira.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar