(: Bukan orang lain yang menentukan hidup kita, tapi kita sendiri yang menentukan hidup kita sendiri.. Tentukan pilihan terbaik untuk hidupmu yang sesuai dengan Dien Al-Islam.. :)

Kamis, 10 Januari 2013

10 Dosa Besar

Hei teman-teman :) akhirnya saya kembali memberi postingan pada edisi kali ini.. Pasti pada kangen kan? Ya kan? (ih pede amat -_-) Nah sobat-sobat, postingan kali ini adalah tentang "10 Dosa Besar". Yup, saya memberikan post dengan judul ini agar kita semua tahu dan dapat terhindar dari 10 dosa besar tersebut sehingga kelak di akherat nanti kita dapat berkumpul bersama di dalam surga-Nya, Aaamiiin! :) Berikut urutan 10 dosa besar dari terbesar hingga terkecil, langsung aja kita bahas karena waktu terbatas, cekidot!

Syirik
Syirik adalah dosa yang paling besar dan tidak dapat diampuni oleh Allah. Syirik adalah suatu perrbuatan menyekutukan Allah dengan suatu benda atau makhluk lain. Allah adalah satu-satunya Dzat yang paling patu disembah, tidak ada yang lain. Telah disebutkan pula dalam Q.S. An-Nisa ayat 48 :
"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar."
Syirik ada 2 macam, yaitu :
  • Syirik besar, yaitu syirik dalam beribadah dan syirik ini dapat mengeluarkan pelakunya dari Islam. Dibagi lagi menjadi 4 :
  1. Syirik do'a, yaitu berdo'a kepada selain Allah.
  2. Syirik niat, yaitu berniat melakukan sesuatu kepada selain Allah
  3. Syirik ketaatan, yaitu menaati kepada selain Allah dalam berbuat maksiat
  4. Syirik mahabbah (kecintaan), yaitu menyamakan selain Allah dengan Allah dalam hal kecintaan
  • Syirik kecil, yaitu syirik yang tidak membuat pelakunya menjadi keluar dari Islam, tetapi syirik ini merupakan wasilah (perantara) kepada syirik besar. Dibagi lagi menjadi 2 :
  1. Zhahir (nyata), yaitu syirik yang dilakukan oleh ucapan dan perbuatan. Contohnya seperti bersumpah dengan nama selain Allah.
  2. Khafi (tersembunyi), yaitu syirik yang dibenarkan oleh niat dan kepercayaan. Contohnya, kita meyakini bahwa zodiak merupakan jalan hidup kita sehingga kita mengikutinya.
Meninggalkan sholat
Imam Al Ghozali pernah mengatakan, "Sesuatu yang paling ringan adalah meninggalkan sholat." Maka dari itu, kita tak boleh meninggalkannya karena sholat merupakan tiang agama. Satu kali meninggalkan sholat, hukumannya sangat berat, berikut rinciannya :

  • Sholat shubuh : satu kali meninggalkannya akan dimasukkan ke dalam neraka selama 30 tahun, sedangkan 30 tahun di akhirat sama dengan 60.000 tahun di dunia.
  • Sholat dzuhur : satu kali meninggalkan dosanya sama dengan membunuh 1.000 orang umat Islam.
  • Sholat ashar : satu kali meninggalkan dosanya sama dengan menutup atau meruntuhkan ka'bah.
  • Sholat maghrib : satu kali meninggalkan dosanya sama dengan berzina dengan orang tuanya.
  • Sholat isya' : satu kali meninggalkannya tidak akan diridhoi oleh Allah tinggal di bumi atau di bawah langit serta makan dan minum dari nikmatnya.

Durhaka terhadap kedua orang tua
Perbuatan ini adalah perbuatan yang sangat dilarang oleh Islam. Orang tua adalah orang yang telah membesarkan kita dari kecil dan sudah sepantasnya kita harus berbuat baik kepada mereka. Seperti dalam sebuah hadits yang artinya :
"Ridho Allah itu tergantung pada ridho orang tua dan murka Allah itu tergantung pada murka orang tua."
Kita diwajibkan dalam Islam untuk berbakti kepada kedua orang tua, baik saat masih hidup maupun sudah meninggal. Jika orang tua kita masih hidup, kita dapat berbakti dengan cara mematuhi perintahnya, tidak membentak, selalu bersikap baik dan sopan, sering memberi hadiah, merawatnya jika sakit, dan lainnya. Jika sudah meninggal pun, kita juga dapat berbakti dengan cara mendo'akannya, membayarkan hutangnya, menyambung silaturahim kepada saudaranya, dan lainnya lagi.

Zina
Zina, pengertiannya apa ya? Mending langsung bahas pembagiannya aja yah..

  • Zina Al lamam, dibagi lagi menjadi 4 :
  1. Zina ain (mata) : Kita memandang lawan jenis dengan sengaja dan kita pun senang melihatnya.
  2. Zina qolbi (hati) : Kita memikirkan atau menghayal tentang lawan jenis dan kita pun senang melakukannya.
  3. Zina lisan (ucapan) : Kita membicarakan lawan jenis dengan orang lain dan kita pun senang melakukannya.
  4. Zina yadin (tangan) : Kita dengan sengaja menyentuh lawan jenis dan kita pun senang melakukannya.
  • Zina luar Al lamam, atau zina sebenarnya (bersenggama, bersetubuh dengan lawan jenis). Berdasarkan pelakunya, dapat dibagi menjadi 2 :
  1. Muhson (sudah menikah), hukumannya adalah dirajam sampai meninggal.
  2. Ghairu muhson ( belum menikah), hukumannya adalah dicambuk 100 kali.

Mencuri, merampok, dan korupsi
Mencuri adalah tindakan mengambil hak milik orang lain tanpa sepengetahuan si pemilik. Hal ini adalah perbuatan yang sangat berdosa karena merugikan orang lain. Hukuman dari orang yang mencuri adalah dipotong tangannya.

Minum minuman keras
Minum minuman keras dilarang dalam Islam karena memabukkan dan menimbulkan efek negatif atau mudharat seperti kanker, stroke, kerusakan jantung, gangguan pernapasan, gangguan saraf, dan lain-lain.

Berputus asa dari rahmat Allah (bunuh diri)
Berputus asa dari rahmat Allah biasanya dialami oleh orang yang terkena masalah berat, dia merasa bahwa dia tidak sanggup menyelesaikannya, padahal sesungguhnya Allah telah berjanji bahwa Dia akan menguji hamba-Nya tidakmelebihi kemampuan dari hamba tersebut. Orang yang berputus asa tersebut berpikiran bahwa dia tidak ada gunanya jika hidupnya terus diteruskan, padahal Allah telah berfirman dalam Surat Adz-Dzariyat ayat 56 yang intinya menyuruh kita untuk menyembah hanya kepada Allah selama kita masih hidup. Dengan begitu, bunuh diri berarti menyalahi kodrat karena telah memutus kewajiban kita untuk menyembah Allah.
Orang yang bunuh diri, ibarat di dunia dia dan di akhirat tidak mendapatkan apa-apa sehingga hidupnya sia-sia. Nah, maka dari itu jika kita mempunyai masalah hadapilah dan ingatlah jika Allah pasti membantu jika kita bersabar dalam menghadapi masalah ini serta ingat juga bahwa masih banyak orang di sampingmu yang mau membantumu. Keep smile! :)

Bakhil
Bakhil atau kikir adalah menahan atau tidak segera mengeluarkan harta untuk memenuhi nafkah di jalan Allah tetapi digunakan untuk memuaskan hawa nafsu. Masih bingung? Nih saya kasih contoh..
Suatu hari, kita sedang jalan-jalan, lalu ita berhenti di sebuah toko karena melihat sebuah piano yang sangat cantik terpajang di etalase, tapi sayang harganya sangat mahal dan tidak mampu. Akhirnya kita memutuskan untuk berhemat. Lalu ketika di jalan, kita bertemu seorang pengemis dan dia meminta-minta kepada kita, tetapi kita enggan memberinya dan mengatakan bahwa kita ingin beli piano. Sikap ini salah, karena di dalam sebagian harta kita terdapat hak untuk orang miskin tersebut tetapi kita tidak segera memberikan atau menahan hanya karena ingin membeli piano.

Memutuskan tali silaturahim
Memutuskan silaturahim adalah tidak berhubungan sama sekali dengan orang yang pernah kita kenal atau kunjungi sama sekali. Memutuskan silaturahim sebenarnya adalah perbuatan yang sangat-sangat merugikan karena jika tetap menyambung silaturahim terdapat banyak sekali manfaat, di antaranya :

  • Mendapat ridho dari Allah SWT
  • Membuat orang yang kita kunjungi berbahagia
  • Memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama
  • Meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan
  • Mempererat tali persaudaraan
  • Mempererat tali persahabatan
  • Menambah pahala setelah kematiannya.

Ghibah
Ghibah atau dalam bahasa Jawa-nya ngrasani adalah menggunjing, membicarakan orang lain. Ghibah diibaratkan seperti makan daging bangkai saudara sendiri. Tetapi dalam Islam ada beberapa ghibah yang diperbolehkan, yaitu :

  • Menceritakan kejahatan seseorang dengan sebenar-benarnya kepada hakim dalam pengadilan.
  • Menceritakan kejahatan seseorang dengan sebenar-benarnya dengan tujuan untuk meminta nasehat.
  • Menceritakan kejahatan seseorang dengan tujuan untuk memperingatkan orang lain tentang bahayanya.


Nah sobat, itulah uraian sedikit tentang 10 dosa besar. Semoga kita diberi kekuatan oleh Allah untuk menjauhinya. Sekian dari saya, semoga bermanfaat. Terimakasih buat sobat-sobat yang udah baca post dari saya, semoga lain waktu saya bisa memberikan sesuatu yang lebih baik lagi. Au revoir! ^_^

1 komentar:

  1. Bismillah,
    Untuk post yang menyangkut tentang agama, mohon diberi sumber yang jelas ya...

    Terima kasih

    BalasHapus