(: Bukan orang lain yang menentukan hidup kita, tapi kita sendiri yang menentukan hidup kita sendiri.. Tentukan pilihan terbaik untuk hidupmu yang sesuai dengan Dien Al-Islam.. :)

Kamis, 31 Januari 2013

About "Bersin, Batuk, Cegukan, Menguap, dan Mendengkur"

Pernahkah sobat-sobat batuk, bersin, mendengkur, menguap, dan cegukan? Pasti pernah dan sering terjadi, kan? Jika kita menghirup sesuatu yang membuat napas kita sesak, pasti kita akan batuk. Ketika tak sengaja mengirup debu, pasti kita akan bersin. Begitu pun yang lainnya. Tahukah sobat bagaimana itu bisa terjadi? Yuk sob, bahas, agar kita semakin mengetahui kebesaran Allah, check it out!

Batuk
www.marketing.co.id
Pasti udah ga asing lagi, kan, dengan yang namanya batuk? Jika kita pilek, kita pasti akan batuk karena tenggorokan kita rasanya nggak enak. Tapi ati-ati sob kalo batuk, batuk dapat menyebabkan kuman menyebar yang dapat menyebabkan penyakit. Jadi kalo batuk, tutupin mulutnya yah. Tapi batuk ada tujuannya sob, yaitu untuk mengusir zat berbahaya yang ada di dalam tubuh kita dan mulai terjadi saat saluran pernapasan kita mulai terganggu. Oleh karena itu, batuk terjadi karena ada partikel zat berbahaya yang berada dalam paru-paru atau tenggorokan

Bersin
Bersin merupakan aliran udara yang hebat melalui mulut dan hidung. Ini terjadi di luar kemauan. Biasanya bersin terjadi karena ada partikel pengganggu dalam hidung sobat. Ujung-ujung saraf di dalam hidung merangsang sobat bersin untuk menyingkirkan partikel-partikel tersebut. Penyebab lain adalah udara dingin atau sakit flu. Pada saat sakit flu, banyak partikel asing di dalam hidung sobat sehingga memaksa hidung merangsang bersin.

Yang perlu sobat tahu tentang bersin yaitu kecepatan udara saat sobat bersin mencapai 166 kilometer per jam. Lalu saat bersih sobat akan mengeluarkan sampai 100.000 butiran kecil lendir dan mikro organisme. Itu sebabnya, saat bersin sebaiknya sobat menutupi hidung dan mulut sobat karena dapat membahayakan orang lain.

Mendengkur
www.visualbuzzer.com
Hayooo, sobat-sobat kalo tidur mendengkur ga nih? Xixixi pasti iya kan? (kok tau? -___-) Tau ga, saat tidur, beberapa orang mendengkur atau mengorok. Suara kasar saat sobat tidur ini biasanya disebabkan karena bernapas melalui mulut. Jaringan lembut pada langit-langit mulut dekat tenggorokan bergetar karena udara melewatinya saat sobat bernapas melalui mulut. Selain itu, bibir, pipi, dan lubang hidung sobat juga ikut bergetar. Posisi yang umum menyebabkan mendengkur adalah tidur terlentang. Hal ini karena mulut cenderung menganga dan lidah menghalangi saluran pernapasan. Salah satu solusinya adalah dengan mencoba tidur miring. Nah ini nih salah satu manfaat dianjurkannya tidur miring (apalagi ke kanan) oleh Rasulullah, biar ga malu gituh. Hahahaha..

Menguap
Saat mengantuk, Anda akan menguap. Mengapa Anda menguap? Karena paru-paru Anda kurang mendapat oksigen. Dengan mengambil nafas dalam-dalam di luar kemauan terjadi sebagai respon alami akibat tertutupnya paru-paru oleh karbondioksida atau kekurangan oksigen. Yang juga menarik, yaitu menguap diduga sebagai kebiasaan menular. Jika Anda melihat atau mendengar orang lain menguap, yang sering terjadi adalah Anda ikut-ikutan menguap. Fenomena ini masih menjadi misteri bagi banyak ilmuwan.

Tetapi sob, dalam Islam, jika kita menguap, kita diharuskan untuk menutup mulut. Soalnya, saat kita menguap dan nggak ditutup, setan akan tertawa dan akan masuk ke dalam tubuh kita lewat mulut. Iiiiih ngeri kan? Makanya, tutup dongs!

Cegukan
www.terapisehat.com
Cegukan terjadi di luar kemauan atau tidak dapat dikontrol. Cegukan merupakan pengambilan udara secara mendadak yang disebabkan karena kontraksi diafragma secara tidak teratur. Penyebabnya karena gangguan organ-organ tubuh dekat diafragma. Kejang ini menarik udara dari paru-paru melalui laring, membentur epiglotis, menyebabkan pita suara bergetar. Oleh karena itu, akan menimbulkan suara ’hik’ saat sobat cegukan.

Kalau sobat sedang cegukan dan nggak berhenti-berhenti, konon katanya sobat bisa minum air putih atau menahan napas lama dan bisa juga teriak sekencang-kencangnya, itu cukup membantu kok menghilangkan cegukan sobat.

Nah itu tuh sedikit info buat sobat-sobat sekalian yang saya sayangi dan saya cintai (cieee cieeee huhuy). Benar apa yang difirmankan oleh Allah, setiap apa yang Dia ciptakan pasti ada manfaatnya. Tapi ngomong-ngomong nih, ada yang bisa jawab pertanyaan guru saya nggak, "manfaat unyeng-unyeng itu apa?". Wahai para pakar biologi, tolong jawab pertanyaan saya ini di komentar yang ada di bawah postingan ini, huahahaha. *kriik kriik* eh jadi ngaco deh, ya udah, semoga bermanfaat, C U! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar